Minggu, 05 Agustus 2018

Pengertian Statistika

A. Pengertian Statistik

Dalam tulisan kali ini, saya ingin berbagi tentang apa sih yang dimaksud dengan statistika. Apa beda antara statistika dan statistik? Kebanyakan orang menganggap keduanya sama, padahal sebetulnya berbeda. Lalu apa perbedaannya? Yuk, simak tulisan saya berikut ini.

Kata statistik berasal dari bahasa Latin yaitu "status" yang berarti negara atau menyangkut hal-hal tentang ketatanegaraan. Dahulu, statistik hanya berkaitan dengan angka-angka yang berguna untuk menggambarkan keadaan penduduk suatu negara seperti demografi penduduk, pendapatan dan lain sebagainya. 

Statistik mulai berkembang lebih luas seiring berjalannya waktu. Statistik tidak hanya tentang kumpulan angka mengenai keadaan penduduk suatu negara. Peran statistik terus meluas ke berbagai bidang kehidupan manusia seperti ekonomi, sains, pertanian, pendidikan, sosial dan lain sebagainya.

Dalam arti sempit, statistik diartikan sebagai keterangan ringkas berbentuk angka-angka. Contohnya, statistik jumlah penduduk, rata-rata penghasilan penduduk, umur dan lain sebagainya. Sedangkan dalam arti luas, statistik merupakan metode atau ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penafsiran, dan penarikan kesimpulan dari data yang telah diperoleh. 


B. Definisi Statistik Menurut Para Ahli

1. Croxton dan Cowden
Statistik adalah metode untuk mengumpulkan, mengolah dan menyajikan, serta menginterpretasikan data yang berwujud angka-angka.

2. Anderson dan Bancroft
Statistik adalah ilmu dan seni perkembangan dan metode paling efektif untuk pengumpulan, pentabulasian, dan penginterpretasian data kuantitatif sedemikian rupa, sehingga kemungkinan salah dalam kesimpulan dan estimasi dapat diperkirakan dengan penggunaan penalaran induktif yang didasarkan pada matematika probabilitas (peluang).

3. Prof. Dr. Sudjana, M.A., M.Sc.
Statistik adlah metode yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan penganalisisannya, dan penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisisan yang dilakukan.

4. Steel and Torrie
Statistik adalah metode yang memberikan cara-cara guna menilai ketidaktentuan dari penarikan kesimpulan yang bersifat induktif. 

5. J. Supranto
J. Supranto mengemukakan statistik dalam dua pengertian, yakni:
a. Statistik dalam arti sempit
Statistik adalah data ringkasan yang berbentuk angka (kuantitatif)
b. Statistik dalam arti luas
Statistik adalah ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, penyajian, dan analisis data, serta cara pengambilan kesimpulan secara umum berdasarkan hasil penelitian yang menyeluruh. 

6. Drs. Djarwanto Ps.
Statistik adalah kumpulan angka-angka yang berhubungan dengan atau melukiskan suatu persoalan. 

7. Ir. Hasan Iqbal, M.M.
Statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang seluk-beluk data, yaitu tentang pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penafsiran, dan penarikan kesimpulan dari data yang berbentuk angka-angka.

C. Perbedaan Statistika dan Statistik

Lalu apa perbedaan antara statistika dan statistik?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), statistika adalah: 
1. ilmu tentang cara mengumpulkan, menabulasi, menggolong-golongkan, menganalisis, dan mencari keterangan yang berarti dari data yang berupa angka.
2. pengetahuan yang berhubungan dengan pengumpulan data, penyelidikan dan kesimpulannya berdasarkan bukti, berupa catatan bilangan (angka-angka).

sedangkan statistik:
1. catatan angka-angka (bilangan); perangkaan
2. data yang berupa angka yang dikumpulkan, ditabulasi, digolong-golongkan sehingga dapat memberi informasi yang berarti mengenai suatu masalah atau gejala.

Jadi jelas, bahwa statistika merujuk pada ilmu atau metode pengumpulan hingga penarikan kesimpulan berdasarkan data. Sedangkan statistik berkaitan erat dengan data hasil analisis melalui metode statistika. 

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca yang ingin mengetahui lebih jauh tentang statistika. 

Sumber bacaan:
- Hasan, Iqbal. 2001. Pokok-Pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif): Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara. 
- http://definisimu.blogspot.com/2012/08/definisi-statistik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar