Minggu, 12 April 2020

Menambahkan Judul, Label Sumbu, Legenda, dan Grid pada Plot MATLAB

Agar data yang disajikan mudah dipahami dengan baik dan menarik, plot perlu disertai judul, label sumbu, legenda, dan atau grid yang mampu menerangkan data yang disajikan. MATLAB menyediakan beberapa perintah yang dapat digunakan untuk menambahkan fitur-fitur pelengkap plot tersebut.
title: menambahkan judul di atas bidang plot
xlabel: menambahkan label pada sumbu-x
yabel: menambahkan label pada sumbu-y
legend: menambahkan legenda untuk menerangkan garis dari data yang diplotkan. Fitur ini sangat penting apabila terdapat berbagai jenis fungsi yang diplotkan dalam satu bidang plot
grid on: menampilkan grid atau garis putus-putus/utuh pada arah sumbu-sumbu plot untuk memudahkan visualisasi jarak data. Grid biasa juga disebut dengan garis kisi.
grid off: menghapus grid dari bidang plot
Perhatikanlah contoh di bawah ini.

Baca juga: Plot 2 Dimensi pada MATLAB

Contoh 
Ketiklah perintah berikut pada jendela editor lalu save dengan nama tertentu kemudian jalankan.
x = linspace(-2*pi,2*pi);
y1 = sin(x);
y2 = cos(x);
plot(x,y1,x,y2)
title('Grafik Sinus dan Cosinus') %judul plot
xlabel('Sumbu-x') %label sumbu-x
ylabel('Sumbu-y') %label sumbu-y
legend('sin(x)','cos(x)') %legenda
grid on %grid 
Plot disertai judul, label sumbu, legenda, dan grid

Judul, label sumbu-x dan sumbu-y, serta legenda dituliskan dalam tanda kurung serta menggunakan tanda apostrof (‘ ’). Untuk urutan pemberian keterangan legenda harus mengikuti urutan plot dan dipisahkan oleh tanda koma (,). Posisi legenda dapat diatur sesuai keinginan, seperti di dalam/di luar plot, pojok kiri/kanan atas/bawah, dan sebagainya. Dalam contoh ini, plot fungsi pertama adalah sin(x) dan yang kedua adalah cos(x).


Demikianlah pembahasan tentang cara menambahkan judul, label sumbu, legenda, dan grid plot 2-Dimensi pada MATLAB. Semoga bermanfaat.



Baca juga:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar