Selasa, 07 Agustus 2018

Cara Membuat Program di MATLAB

Hai sobat semua, dalam tulisan kali ini saya ingin berbagi tentang cara membuat program pada MATLAB. Pemrograman MATLAB dapat kita lakukan dengan dua cara, yaitu: 
1) menggunakan jendela perintah, atau 
2) menggunakan skrip M-File (Matlab file). 
Perhatikanlah contoh membuat program MATLAB dengan dua cara tersebut berikut ini.

1. Menggunakan Jendela Perintah

Untuk membuat program dengan cara ini, kita hanya perlu mengetikkan perintah pada jendela perintah lalu menekan enter. Selanjutnya, perintah tersebut akan secara langsung dieksekusi baris perbaris oleh MATLAB. Simaklah contoh berikut.

Contoh:
>> 4.5 * 27  (ketik di jendela perintah lalu tekan enter)

ans = 121.5000 (hasil yang akan ditampilan)

Perintah di atas akan dtampilkan dalam variabel ans sebagai singkatan dari answer atau jawaban. Jika kita mengakhiri perintah dengan tanda (;) maka MATLAB akan melakukan perhitungan tanpa menampilkan hasil pada jendela perintah. Untuk memanggil kembali perintah-perintah sebelumnya, gunakanlah tombol up dan down –arrow (↑dan↓) pada keyboard.

Selain itu, MATLAB juga menggunakan tanda “%” untuk menambahkan keterangan atau komentar terhadap suatu sintaks dalam program. Saat menjalankan program, MATLAB akan mengabaikan tanda “%” beserta semua keterangan yang mengikutinya. Perhatikanlah contoh penulisan komentar berikut.

Contoh:
>> x=25       %nilai pertama
x = 25

>> y=30       %nilai kedua
y = 30

>> z=x*y       %hasil perkalian nilai pertama dan kedua
z = 750

Untuk membersihkan jendela perintah, kita tinggal menuliskan perintah clc. Jika ingin membersihkan jendela ruang kerja, kita menuliskan perintah clear. Selanjutnya, untuk mengakhiri proses yang sedang berjalan pada MATLAB, bisa dilakukan dengan menuliskan perintah exit atau quit pada jendela perintah atau dengan mengklik menu exit pada bagian kanan atas pada menu bar.

2. Menggunakan Skrip M-File

Penggunaan jendela perintah saat pemrograman terasa kurang efisien jika kita ingin melakukan suatu perintah berulang-ulang. Menjalankan perintah MATLAB dengan M-File memberi kemudahan yaitu perintah-perintah tersebut dapat disimpan, dimodifikasi dan dijalankan kapan saja kita inginkan.

Untuk membuat skrip M-File, pilihlah Home → New Script pada menu bar atau tuliskan perintah edit di jendela perintah. Jendela editor akan muncul, lalu tulislah perintah yang ingin dijalankan. Penulisan perintah di jendela editor tidak diawali dengan prompt ‘<<;’.

Contoh:
Berikut ini diberikan program menghitung luas segitiga.

Langkah pertama, tulislah perintah berikut ini di jendela perintah.

clear all;
clc;
alas = 6;
tinggi = 10;
luas = 1/2*alas*tinggi

Selanjutnya, simpanlah perintah tersebut dalam folder yang diinginkan dengan memilih ikon Save pada menu bar. File tersebut akan tersimpan dalam format MATLAB codes file yaitu (*.m). Terakhir, pilih menu Run pada menu bar dan program akan langsung dijalankan oleh MATLAB seperti pada gambar di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar