Rabu, 22 April 2020

Perintah Masukan/Input Pada MATLAB

Dalam MATLAB terdapat perintah-perintah yang dapat digunakan untuk memasukkan nilai tertentu (input) dari pengguna (user) atau menampilkan hasil dengan format tertentu (output). Input data biasanya melalui keyboard atau membaca dari suatu file. Sedangkan output data dapat berupa tampilan pada layar monitor atau disimpan dalam format file tertentu. Perintah-perintah input MATLAB yang akan dibahas dalam artikel ini adalah input.
Perintah input digunakan untuk meminta nilai masukan dari pengguna melalui keyboard. Sintaknya adalah sebagai berikut:
X =input(‘masukan’)

Contoh 1
Misalkan kita ingin meminta pengguna untuk memasukkan suatu nilai dan akan disimpan sebagai variabel X. Pada jendela perintah kita tuliskan sintaks berikut:
>> X = input(‘Nilai X= ’)
Saat dijalankan, jendela perintah akan menampilkan:
Nilai X =
MATLAB akan menunggu masukan dari pengguna. Ketiklah sembarang angka, misal 10 lalu tekan Enter pada keyboard, akan ditampilkan:
X =
      10
Hasil ini akan disimpan di jendela ruang kerja. Apabila langsung ditekan Enter tanpa memasukkan suatu nilai maka X akan secara otomatis menjadi matriks kosong ( [ ] ).

Contoh 2
Ketiklah perintah berikut pada skrip M-File.
prompt = 'Masukkan nilai: ';
x = input(prompt)
y = x*100

Apabila dijalankan dengan memasukkan nilai 5, tampilan outputnya:
Masukkan nilai: 5
x =
     5
y =
   500
Apabila dijalankan dengan memasukkan magic(2):
Masukkan nilai: magic(2)
x =
     1     3
     4     2
y =
   100   300
   400   200

Selanjutnya, terdapat beberapa cara untuk menampilkan output atau hasil dari eksekusi perintah MATLAB. Cara termudah adalah dengan menghilangkan tanda semikolon di akhir perintah seperti yang pernah dibahas di bab sebelumnya. Cara lainnya yang dapat kita gunakan adalah dengan perintah disp dan fprintf

Baca juga:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar