Rabu, 30 November 2011

5 Kunci Sukses Ujian Semester

5 Kunci Sukses Ujian Semester

            Hai, adik-adik STEC yang smart. Ujian semester ganjil sudah di depan mata nih. Bagaimana persiapanmu? Sudah siap, kan? Atau malah bingung dan cemas menghadapi ujian? Tenang, jangan khawatir! Kakak yakin kalian bisa melewatinya dengan baik. Nah, sebagai penambah semangat dan keyakinan kalian untuk bertempur dalam ujian semester nanti, kali ini kakak akan membagikan beberapa kunci sukses  yang bisa kalian gunakan agar bisa memperoleh hasil yang memuaskan. Mau tahu? Ok, silahkan simak dan praktekkan kunci-kunci sukses berikut ini.  Ini dia .... check it out.

1. Tingkatkan Semangat Belajarmu Hingga 100%

            Ya, cobalah tingkatkan lagi semangat belajarmu di sekolah, rumah dan di  STEC tentunya hingga 100%. Kurangilah dulu waktu bermainmu dan tambahkanlah porsi waktu belajarmu. Pahami dengan baik mata pelajaran yang akan diujiankan. Cobalah kerjakan soal-soal ujian yang terdahulu   atau soal-soal latihan yang ada di buku Laskar Jenius. Kalian kan para Laskar Jenius masa depan. Benar, kan? Jadi, harus giat belajar ya. Adik-adik bisa mengerjakan soal-soal latihannya bareng-bareng. Jika ada kesulitan, tanyakan pada tentor-tentor STEC yang super abis. Mereka pasti akan dengan senang hati membantumu. Tanyakan pada mereka jika masih ada yang belum kamu mengerti. Jangan takut dan jangan malu. Malu bertanya, sesat di kelas loh de’. So, bertanyalah!

2. Jagalah Kesehatan dan Staminamu

            Sebelum kalian bertempur menghadapi ujian, jangan lupa untuk menjaga kesehatan agar tidak sakit saat ujian tiba. Sebaiknya, makan makanan yang bergizi. Nutrisi yang cukup akan membantu daya tahan tubuh, daya ingat serta konsentrasi ketika adik-adik mengerjakan soal-soal ujian. Olahraga dan istirahat yang cukup juga diperlukan untuk menjaga agar staminamu tetap fit. Setuju?


3. Teliti dan Cermatlah dalam Menjawab Soal

            Nah, ini kunci sukses yang paling penting. Adik-adik harus teliti dan cermat ketika membaca dan menjawab soal ujian. Bacalah baik-baik setiap soal yang diberikan. Tak usah panik. Santai aja lagi. Kerjakan soal ujian mulai dari yang paling mudah hingga yang menurutmu paling sulit. Cobalah untuk mengerjakannya sebisa mungkin. Kalau sudah selesai mengerjakan soal ujian, jangan lupa untuk mengeceknya kembali. Oh ya, jangan lupa persiapkan juga alat-alat tulis yang bakal kalian gunakan saat ujian nanti agar semuanya bisa berjalan lancar. OK? Lanjut ....

4. Menyontek? No! Belajar? Yes!


            Pengen menyontek saat ujian? Atau bekerja sama dengan teman saat ujian berlangsung? Wah, sebaiknya jangan berani coba-coba dilakukan ya de’. Say no to cheat and say yes to study. Selain merugikan diri sendiri dan temanmu, menyontek bisa membuatmu gagal dalam ujian. Yakinlah dengan jawabanmu sendiri. Buktikan bahwa kalian para Laskar Jenius bisa meraih hasil yang memuaskan tanpa menyontek. Janji, ya?....

5. Ingat, Berdoalah!

            Adik-adikku yang hatinya baik, selain belajar, berdoa juga tidak kalah pentingnya. Semua kesulitan akan menjadi mudah jika kita berdoa kepada-Nya. Jadi, jangan lupa berdoa ya sebelum ujian. Bermohonlah kepada-Nya agar diberikan ketenangan dan kemudahan dalam mengerjakan soal-soal ujian tersebut. Ok?

            Nah, semoga adik-adik sudah semakin yakin dan tahu apa yang harus dilakukan dalam menghadapi ujian nanti. Selamat belajar, ya! Tetap semangat! Kalian pasti bisa. Good luck.

*Pengajar Matematika dan Jarimatika STEC Manado

Tidak ada komentar:

Posting Komentar