Kamis, 03 Januari 2013

Resensi Buku : Chairul Tanjung Si Anak Singkong

Resensi Buku : Chairul Tanjung Si Anak Singkong
Oleh Amir Tjolleng


Kali ini saya akan membagikan karya resensi saya yang alhamdulillah terpilih sebagai pemenang pertama dalam Lomba Menulis Resensi Tingkat Mahasiswa Tahun 2012 yang digelar oleh Universitas Negeri Manado (UNIMA), Bank Indonesia (BI) dan Toko Buku Gramedia Manado tanggal 15 Desember 2012.


Judul Buku                  : Chairul Tanjung Si Anak Singkong
Penulis                         : Tjahja Gunawan Diredja
Penerbit                       : Penerbit Buku Kompas (PBK)
Terbit/Cetakan             : Juni 2012/ III (Juli 2012)
Jumlah Halaman         : xvi + 384 Halaman
Dimensi                       : 14 cm x 21 cm
Harga                          : Rp. 69.500
ISBN                           : 978-979-709-650-2

Tidak banyak yang mengetahui perjalanan hidup Chairul Tanjung yang sesungguhnya. Buku Chairul Tanjung Si Anak Singkong ini adalah sebuah biografi dari pengusaha sukses Chairul Tanjung (CT). Sebuah buku yang merangkum kisah perjalanan Chairman CT Corp. mulai dari usaha menjual es mambo untuk menambah biaya sekolah hingga mampu membangun kawasan wisata dan bisnis terpadu. Buku ini ditulis oleh Tjahja Gunawan Diredja yang juga merupakan salah seorang wartawan Harian Kompas. Buku ini diberi kata pengantar oleh Jakob Oetama, Pendiri dan Pemimpin Umum Harian Kompas.

Buku ini mengisahkan beberapa penggalan tentang perjalanan pahit getir dan jatuh bangunnya CT sebagai pengusaha yang merintis usaha mulai dari nol. Tampilan cover buku ini berupa gambar setengah badan CT, kertas yang ringan dan didominasi warna kecoklatan, font hurufnya agak besar serta dilengkapi sejumlah foto yang menggambarkan berbagai aktivitas bisnis maupun kegiatan sosial CT termasuk beberapa foto saat CT masih remaja.

Biografi CT diawali dengan kisah keterbatasan ekonomi yang tidak menghambatnya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Bab-bab berikutnya masih menceritakan kehidupan masa muda CT yakni saat-saat menjadi mahasiswa sampai kisah awalnya menjadi pengusaha. Buku ini juga menggambarkan kehidupan rumah tangga dan keluarga CT yakni ketika ia bertemu dengan perempuan Jawa, Anita Ratnasari yang kini menjadi istrinya.

Kisah dalam buku ini dimulai dengan menceritakan suatu moment yang sangat berkesan buat CT dimana ia diberitahu oleh ibunya bahwa uang kuliah yang telah diberikan kepadanya adalah uang hasil menjual kain halus. Berawal dari dijualnya kain halus milik sang Ibu itu, CT ‘bangkit’ dan berhasil menggali potensi dirinya di usia 20 tahun.

CT berasal dari keluarga sederhana dan dibesarkan dalam lingkungan yang keras di kawasan kumuh di Kota Jakarta sehingga sejak kecil ia telah diasah oleh kehidupan yang sulit dan penuh tantangan untuk bisa melanjutkan sekolah. Ketika di bangku kuliah Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, CT sudah mulai berbisnis kecil-kecilan, membiayai sendiri keperluan hidup dan biaya pendidikannya mulai dari usaha fotokopi hingga menjual peralatan kedokteran gigi di kampusnya.

Selesai kuliah dia meneruskan bisnisnya dengan penuh semangat hingga sekarang. CT adalah entrepreneur mandiri sejak awal sehingga bisa menjadi contoh untuk orang muda di negeri ini. Berkat kegigihan, kerja keras, disiplin dan ketekunannya, CT mampu melakukan transformasi dan melakukan lompatan luar biasa dalam kehidupannya. CT mengembangkan Para Group, kemudian mengganti nama perusahaannya menjadi CT Corp. Secara umum, CT Corp. terdiri atas tiga perusahaan subholding yaitu Mega Corp., Trans Corp., dan CT Global Resources

Chairul Tanjung merupakan salah satu tokoh muda yang sukses membangun komunitas bisnisnya bukan berangkat dari sesuatu yang sudah besar. Perjuangannya dalam membangun apa yang telah dicapainya sampai saat ini tidak lepas dari kepemimpinan dan visi yang dimilikinya untuk ikut serta dalam membangun negara ini. Buku ini menceritakan secara rinci perjuangannya itu.

Secara garis besar, perjalanan hidup CT memang tidak lepas dari bagaimana beliau belajar dari masa lalu bahkan hal tersebut sering disinggung dan ditekankan di beberapa bagian dalam buku biografi ini. Keyakinan CT pada potensi diri dan tak pernah melupakan amanah yang diberikan Sang Kuasa menjadi pelajaran berharga bahwa segala keberhasilan tak pernah lepas dari campur ‘tangan’-Nya.

Tentu saja tak ada karya manusia yang sempurna di dunia ini karena kesempurnaan hanya milikNya. Demikian pula halnya dengan buku CT ini. Meskipun tampak sempurna namun buku ini mempunyai beberapa hal yang mengganjal karena ada beberapa bagian tentang keberhasilan yang diraih CT yang diceritakan secara berlebihan serta testimoni yang disampaikan seolah-olah ingin membuat CT menjadi sosok yang sempurna di mata pembacanya. Saya merasa ada bagian-bagian yang agak memperlihatkan kejumawaan. Selain itu, buku ini juga tidak terlalu runtut dalam susunan penceritaanya sehingga terkesan tak beraturan antara bab yang satu dengan bab yang lainnya. 

Meskipun demikian, buku ini sangat bagus untuk dibaca. Diksi atau gaya bahasa yang digunakan dalam buku ini begitu baik karena sederhana dan nyaman ketika dibaca. Cara penulisan dan tata bahasa yang digunakan juga menarik dan mudah dimengerti. Dari setiap untaian kalimat yang digores dalam buku ini, saya melihat bahwa melalui buku ini CT ingin mengajak setiap orang yang membaca bukunya untuk mengikuti jejaknya sebagai pengusaha yang bermanfaat bagi sesama. 

Buku ini merupakan buku yang sangat inspiratif dan motivatif karena penuh dengan kisah yang sarat dengan nilai, cita-cita, inspirasi, motivasi dan arti hidup. Di dalam buku ini terdapat banyak kata-kata inspiratif yang menyemangati dan memotivasi pembaca untuk menjadi seorang pengusaha sukses. Buku ini layak dibaca jika anda ingin mendapat sebuah inspirasi dan semangat kerja yang hebat dan luar biasa.

Dengan membaca buku ini kita akan banyak mengambil pelajaran yang ingin disampaikan CT. Komitmen beliau untuk membuka lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan per kapita rakyat Indonesia menjadi salah satu alasannya untuk terus bekerja keras dan menciptakan usaha-usaha di berbagai bidang.

Secara pribadi saya menyarankan agar anda bisa membaca buku ini karena akan sangat menginspirasi bagi siapa saja yang ingin mengetahui bagaimana seorang CT berhasil menjadi pengusaha sukses dengan kerja keras yang tak kenal lelah dan pantang menyerah. Buku ini juga sangat cocok dibaca oleh orang yang ingin mengubah hidupnya menjadi manusia yang lebih berarti dan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar