Sabtu, 09 Juni 2012

Operasi Riset : Goal Programming

Pengantar dan Pengertian Goal Programming

Kita telah mempelajari bersama tentang teknik linear programming dalam menyelesaikan berbagai masalah. Komponen utama dari  LP (Linear Programming) adalah fungsi tujuan yang berupa kriteria maksimum atau minimum.

Berbeda dengan LP (Linear Programming) yang hanya mempunyai satu fungsi tujuan, banyak persoalan yang melibatkan lebih dari satu fungsi tujuan. Selain itu, dalam kenyatannya LP (Linear Programming) tidak selalu tepat dan layak bagi suatu permasalahan tertentu. Misalnya:

1. Pertentangan tujuan. Manajemen mungkin menghadapi pertentangan tujuan antara meminimumkan biaya atau memaksimumkan pelayanan kepada pelanggan. Padahal tingginya tingkat pelayanan akan menjadikan biaya pelayanan semakin tinggi.

2. Perbedaan fungsi tujuan. Misalnya, tujuannya adalah menentukan jumlah unit produksi yang akan memaksimumkan keuntungan atau memaksimumkan market share.

3. Kesulitan mengukur tujuan. Misalnya, tujuannya adalah memaksimumkan tingkat pelayanan pada pelanggan. Hal tersebut tentunya sulit diukur.

Dalam kasus-kasus di atas, kadang tidak ada titik yang fisibel (solusi fisibel) yang bisa mengoptimalkan semua tujuan. Untuk mengatasi ini, teknik goal programming bisa digunakan. 

Goal programming adalah kelanjutan dari LP (Linear Programming) yang digunakan untuk menyelesaikan masalah program linier dengan fungsi obyektif majemuk atau fungsi tujuan yang lebih dari satu. Adapun tiap fungsi tujuan dinyatakan sebagai goal. 

Tujuan dari goal programming adalah untuk meminimumkan penyimpangan dalam mencapai tujuan suatu masalah. Oleh karena itu, setiap goal merupakan bagian dari fungsi tujuan.

Untuk file lengkapnya silahkan diunduh pada link berikut ini. Semoga bermanfaat 😊

4 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai 'Linear Programming', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3579/1/JURNAL.pdf
    terimakasih

    BalasHapus
  2. Ok, makasih juga atas informasinya. Semoga kita bisa saling bertukar informasi kembali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini ka Amir SMA 4
      mantan ketua Taskir

      Hapus
    2. Iya, De. Ka dulu alumni SMA Negeri 4 Manado. Sempat jadi ketua Tadzkir dulu. Salam kenal ya :)

      Hapus